Tipe dan Posisi Pemasangan AC

memilih AC

Memilih AC yang Bagus

Bagi Anda yang bingung memilih AC baik merk dan tipenya, sebelum Anda membeli, setelah Anda memilih AC dengan harga berapa yang ingin Anda beli, Anda bisa membaca tips yang kami berikan ini. Yang pertama dari sisi memilih type AC yang sesuai untuk kebutuhan Anda, mari baca selengkapnya.

Memilih AC Tipe Apa?

Anda dapat memilih type atau jenis AC split, sebab jenis AC ini memiliki 2 bagian, yakni outdoor dan indoor. Karena itu suara yang dihasilkan saat pendingin bekerja pun jadi lebih soft. Alasannya karena letaknya terpisah. Sangat cocok untuk Anda yang ingin tidur nyaman dan penuh ketenangan, dan tentunya tidak panas.

Memilih AC yang Berapa PK?

Ini juga merupakan faktor yang tidak boleh dilupakan ketika Anda memilih AC, Anda harus menentukan PK atau Paars Kracht dari AC tersebut. Di mana PK AC ini dipengaruhi oleh luas ruangan yang hendak Anda pasang AC. Semakin luas ruangan yang hendak Anda pasang AC, maka Anda akan membutuhkan AC dengan PK yang lebih besar, agar dinginnya terasa. Bahkan jika ruangan Anda benar-benar luas, contohnya aula, maka Anda akan membutuhkan AC dengan PK besar hingga beberapa buah sekaligus.

Untuk pastinya, Anda bisa mencoba cara perhitungan besarnya PK yang akan Anda butuhkan, dengan rumus di bawah ini:

Rumus Perhitungan PK AC yang dibutuhkan berdasarkan luas ruangan

P (Panjang) ruangan x L (Lebar) ruangan x 500

Contoh:

Jika Anda memiliki sebuah ruang dengan ukuran 3 x 4 Meter, jadi besar PK AC yang Anda butuhkan yakni 3 x 4 x 500 = 6000 Btu. Jika ruangan sebesar 3 x 4 Meter tersebut ditinggali 2 orang, ataupun lebih, maka kami rekomendasikan Anda memilih AC 0.75 PK, yang berkapasitas 7000 Btu, sebab 1 orang jika dihitung akan memerlukan kapasitas 500 Btu. Oleh karena itu 6000 Btu + (2 x 500 Btu) = 7000 Btu.

Namun jika Anda memang tak suka atau budget kurang untuk memilih AC 7000 Btu, maka Anda dapat membeli AC 0.5 PK yang berkapasitas 5000 Btu. Jenis AC ini sesungguhnya sudah cukup meskipun kami kurang menganjurkannya, karena nantinya akan terasa kurang dingin. Apalagi ketika musim kemarau tiba.

Rumus yang digunakan di atas itu berlaku bagi ruangan yang memiliki tinggi standard kurang lebih 3 Meter. Apabila ruangan tersebut lebih tinggi per 1 Meter, dikenai 1000 Btu. Tinggal Anda sesuaikan saja perhitungannya.

Letak Posisi Pemasangan AC

Di sini Anda juga harus mengukur ukuran dari AC yang hendak Anda beli tersebut. Apakah tidak akan mengganggu interior ruangan? Jika kamar kecil dan Anda menggunakan AC dengan size yang terlalu besar maka tidak akan sesuai. Dan memang AC tidak bisa ditempatkan sembarangan. Anda sebaiknya menghindari memasang AC pada lokasi depan pintu, sebab udara dingin akan keluar lebih mudah menuju ruangan lainnya, juga jangan terlalu rapat pada atas atap maupun plafon, supaya udara bisa beredar dengan maksimal. Itulah beberapa tips yang dapat kami bagikan terkait pemilihan AC, semoga membantu.

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 PilihMana.ID - Review & Harga Produk Terbaru

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account