Blender yang Bagus, Milihnya Jangan Asal-asalan

Artikel “Blender yang Bagus, Milihnya Jangan Asal-asalan” ini merupakan kontribusi dari , dipublikasikan oleh PilihMana pada 4 Nov, 2016.

Edit this post →

Blender yang Bagus

Blender yang Bagus

Memilih blender yang bagus itu harus dong.. Perkara membeli blender bukan sekadar mendatangi toko elektronik, kemudian memilih merek terkenal yang dilengkapi fitur-fitur terbaik, atau memilih yang sesuai dengan bujet Anda. Blender yang bagus adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Sebelum mempertimbangkan, ada baiknya mengenali tipe sampai komponen blender terlebih dahulu.

Panduan Memilih Blender yang Bagus

[toc]

Tipe-Tipe Blender

Blender Tangan

Alat tersebut berbentuk stik yang dioperasikan secara langsung dengan tangan, seperti menggunakan mixer. Blender tangan bisa memproses buah-buahan atau sayuran-sayuran dalam jumlah sedikit, serta mengocok adonan tepung dan telur.

Kelebihan; mudah digunakan dan dibersihkan, gampang disimpan di mana saja, harganya terjangkau, bisa langsung dioperasikan di dalam mangkok atau panci. Kekurangan; tidak mampu menghaluskan bahan makanan dalam jumlah banyak, tidak bisa menghancurkan bahan makanan yang keras seperti es batu.

Blender Personal

Jenis blender satu ini dilengkapi dengan gelas yang hanya mampu menampung 200-600 mililiter cairan. Sebagian merek mendesain gelas blendernya agar bisa langsung digunakan sebagai wadah minuman. Kelebihan; lebih efisien karena gelas blender bisa dibawa ke mana saja, gampang digunakan dan disimpan. Kekurangan; tidak bisa langsung memblender bahan dalam jumlah banyak, sebagian terlalu sulit untuk dibersihkan.

Blender Duduk/Konvensional

Ini adalah jenis blender yang paling umum digunakan, dilengkapi dengan gelas bender yang bisa menampung 0,5-2 liter cairan. Sebagian blender konvensional memiliki dua gelas dengan fungsi berbeda. Satu digunakan khusus untuk menghancurkan es batu, satunya lagi untuk memproses buah-buahan atau sayur-sayuran menjadi smoothie.

Kelebihan; multifungsi, mampu memproses bahan makanan dalam jumlah banyak. Kekurangan; suaranya lumayan bising, membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar, sulit untuk dibersihkan.

Blender Profesional

Desainnya tidak jauh berbeda dari blender profesional. Perbedaannya terletak pada muatan gelas yang lebih besar, serta kapasitas tenaga mesin dan ketajaman pisau pemotongnya.

Kelebihannya; multifungsi, tenaga mesin paling prima, pisau pemotong berkualitas tinggi. Kekurangan; sangat mahal, badan blender teramat besar sehingga sulit disimpan, beberapa model memiliki fitur yang terlalu rumit untuk digunakan.

Komponen Blender

Material Gelas

Pada umumnya, gelas blender terbuat dari material plastik, kaca, atau metal. Biasanya, produk blender dengan harga miring menggunakan material plastik dengan kualitas rendah. Parahnya, plastik sering mengandung BPA, zat kimia yang berdampak negatif pada kesehatan manusia.

Sebaliknya, produk blender yang lebih mahal biasanya menggunakan material plastik berkualitas tinggi atau copolyester. Jenis tersebut lebih awet, tahan panas, tidak mudah tergores, dan yang paling penting bebas dari BPA.

Material lainnya adalah kaca. Harga blender tersebut jelas lebih mahal dibandingkan yang bermaterial plastik. Pada satu sisi, material kaca lebih tahan lama dan tidak gampang tergores. Sedangkan pada sisi lain, material kaca rentan untuk pecah, serta lebih berat daripada material plastik.

Adapun material metal sering dipasangkan dengan blender berkualitas terbaik. Tampilannya memang terlihat profesional. Namun, warnanya yang tidak transparan menyebabkan pengguna tidak bisa melihat komposisi atau konsistensi bahan makanan yang diproses. Soal keawetan, material metal adalah juaranya, tapi harganya memang paling mahal di antara material lainnya.

Panel Pengaturan

Ada empat tipe panel pengaturan. Pertama, panel button atau tombol yang paling umum digunakan. Kedua, panel touchpad, berupa tombol yang disentuh atau dipijit. Ketiga, panel dial yang digunakan dengan cara diputar. Keempat, panel switch yang digunakan dengan cara digeser.

Urusan panel ini termasuk dalam desain, yang artinya dikembalikan lagi pada selera masing-masing. Tapi, jika Anda ingin blender yang panel-panelnya gampang dibersihkan, pilihlah touchpad.

Motor Blender yang Bagus

Tenaga motor menghasilkan daya yang menggerakkan putaran pisau. Semakin besar daya tenaga motornya, semakin cepat pula putaran pisaunya. Anda akan melihat perbedaan signifikan  antara blender berdaya 200 watt dan 2000 watt.

Kecepatan putaran pisau merupakan salah satu faktor penting dalam memilih blender. Blender dengan performa terbaik, paling tidak berputar sebanyak 25 ribu kali per menit. Semakin banyak jumlah putarannya, semakin lumat pula buah-buahan atau sayur-sayurannya sehingga vitamin dan mineral diekstraksi dengan baik.

Pengaturan Kecepatan

Setiap blender memiliki pengaturan kecepatan yang berbeda-beda. Ada yang hanya memiliki kecepatan tunggal, ada juga yang bisa ditingkatkan hingga 16 kali lipat. Beberapa blender dilengkapi dengan opsi pengaturan untuk memproses smoothie, sup, milkshake, dan sebagainya.

Pertanyaan Sebelum Membeli Blender

Apa Tujuan Anda Membeli Blender?

Jika Anda sekadar menginginkan perangkat yang memudahkan urusan masak-memasak, blender tangan adalah pilihan yang tepat. Anda bisa membuat saos tomat atau sup krim dengan menggunakan hand blender. Bagi para bunda, hand blender dapat melumatkan buah-buahan atau sayur-sayuran untuk diolah menjadi makanan bayi.

Jika Anda ingin menikmati segelas smoothie setiap hari, atau membawanya sebagai bekal ke kantor, pilihlah blender personal. Selain takarannya yang pas untuk diminum secara personal, gelas juga bisa dibawa ke mana-mana.

Pilihlah blender konvensional bila Anda ingin membuat smoothie dalam takaran yang lebih banyak, serta menghancurkan es batu. Smoothie yang dihasilkan dari blender konvensional lebih kaya serat daripada blender personal. Sebagian model blender duduk juga dilengkapi dengan wadah khusus untuk melumatkan bahan-bahan masakan.

Anda ingin blender dengan performa terbaik dan memiliki banyak fitur ekstra? Jika iya, blender profesional adalah pilihan yang tepat. Blender tersebut umumnya digunakan oleh orang-orang yang memiliki minat tinggi di bidang kuliner, atau dimanfaatkan untuk tujuan profesional pula.

Seberang Sering Blender Akan Digunakan?

Anda berencana menggunakan blender sesering mungkin? Pilihlah blender yang memiliki daya minimal 900 watt. Semakin tinggi dayanya, semakin bagus performanya.

Apabila blender hanya akan digunakan sesekali, pilihan daya 600 watt sudah cukup baik. Sebaiknya jangan membeli blender di bawah 600 watt, sebab performanya tidak terlalu memuaskan.

Fitur Apa yang Paling Dibutuhkan?

Anda ingin sekalian memanaskan sup atau mencairkan makanan beku? Anda bisa memilih blender yang dilengkapi dengan elemen pemanas. Bagi pecinta jus, bisa memilih blender yang dilengkapi dengan komponen jus. Masih banyak lagi fitur ekstra lainnya.

Mencari fitur ekstra bukan sebuah keharusan. Memilih material pisau pemotong blender yang tepat baru suatu keharusan, selain memilih daya yang tinggi. Pastikan pisau terbuat dari stainless steel sehingga awet dan mampu menahan tekanan paling kuat sekali pun.

Berapa Bujet yang Tersedia?

Vitamix adalah merek yang sangat direkomendasikan untuk Anda yang siap mengeluarkan bujet tinggi. Website Consumer Reports, The Sweet Home, America’s Test Kitchen, Perfect Smoothie, dan Serious Eats, mengulas kepuasan konsumen terhadap blender-blender dari berbagai merek. Hasilnya, Vitamix menjadi pilihan terbaik pembaca, khususnya Vitamix 5200. Adapun harganya dibanderol sekitar Rp11.5000.000,00.

Bagi yang memiliki bujet pertengahan, Philips direkomendasikan oleh salah seorang health blogger asal Jerman, Lynn. Menurutnya, Philips Avance memiliki kemampuan memproses smoothie hampir sebagus Vitamix. Harganya berkisar Rp1.800.000,00.

Adapun model blender Philips lainnya dibanderol mulai dari Rp400.000,00. Tentunya spesifikasinya jauh berbeda dengan model Avance.

Banyak pula produk blender lainnya yang harganya di bawah Rp400.000,00. Tidak masalah jika Anda menyiapkan bujet sekian. Daya motor yang tidak mencapai 600 watt masih bisa ditolerir, tapi ada beberapa spesifikasi yang tidak boleh dilewatkan.

Pertama produk harus bebas BPA. Blender dengan material plastik memang lebih murah, tapi pastikan ada label ‘free BPA’ di kemasan produknya. Jangan sampai memilih yang murah, tapi berdampak negatif pada kesehatan Anda. Kedua, pastikan penutup blender cukup rapat ketika proses blender berlangsung sehingga cairan tidak memercik keluar.

Terakhir, perhatikan garansinya. Anda mungkin tidak akan mendapatkan garansi selama dua tahun untuk produk dengan bujet di bawah Rp400.000,00. Namun, setidaknya, Anda harus mencari produk bergaransi minimal di atas enam bulan.

Kesimpulan

Disimpulkan bahwa lima kriteria utama dalam memilih blender yang bagus antara lain; material gelas, daya, material pisau, penutup blender, dan garansi. Blender merek terbaik seperti Vitamix, atau model termahal dari merek populer seperti Philips, pasti memenuhi semua kriteria pencarian. Sebaliknya, produk blender yang harganya rendah harus lebih dicermati sebelum dibeli agar Anda tidak melewatkan tiga kriteria utama, sehingga anda tetap mendapatkan blender yang bagus sesuai budget.

Meskipun begitu, produk mahal bukan jaminan yang terbaik untuk setiap orang. Semuanya kembali lagi pada tipe dan fitur yang dibutuhkan oleh masing-masing pengguna.

Demikianlah panduan lengkap dalam memilih blender yang bagus. Semoga, setelah ini, tidak ada lagi cerita tentang memilih blender secara asal-asalan.

Edit this post →


0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2024 PilihMana.Com

Log in with your credentials

Forgot your details?