pemanggang roti

Memilih Toaster

Panduan Memilih Pemanggang Roti

[toc]

Menikmati roti panggang sebagai menu sarapan memang praktis, hangat, dan cepat. Anda dapat membuat roti panggang kreasi Anda sendiri di atas kompor, menggunakan oven, maupun alat pemanggang roti (toaster).

Ketika Anda memiliki cukup waktu untuk senantiasa mengawasi masakan Anda, penggunaan kompor dan oven memang merupakan pilihan terbaik. Lantas, bagaimana jika Anda cukup sibuk dan harus melakukan banyak hal sementara roti panggang Anda dimasak? Jika demikian, sudah saatnya Anda memiliki toaster, si alat pemanggang roti

Jenis-Jenis Alat Pemanggang Roti

Pada umumnya, alat panggangan roti di pasaran dapat dikelompokkan ke dalam tiga jenis, yaitu pop up toaster, sandwich toaster, dan oven toaster. Di Indonesia, peralatan ini tersedia dalam berbagai merek, seperti Sharp, Philips, Oxone, Sharp, Kirin, serta merek-merek lain yang tidak terlalu populer.

Untuk menambah pengetahuan Anda, berikut kami ulas kelebihan dan kelemahan dari setiap pemanggang roti (toaster) tersebut.

Pop Up Toaster

Toaster ini merupakan alat pemanggang roti klasik yang khas dengan gerakan roti yang melompat ke atas setelah matang. Dengan demikian, roti panggang tidak akan gosong meski Anda tidak mengawasinya.

Pemanggang roti jenis ini biasanya memiliki dua atau empat ruang tempat untuk meletakkan roti saat dipanggang. Meski klasik dan menarik, namun toaster ini biasanya memakan daya yang cukup tinggi. Selain itu, pegas yang berfungsi untuk melontarkan roti yang telah matang juga rentan mengalami kerusakan. Para pecinta roti pun tidak bisa langsung memasukkan isian rotinya ke dalam toaster ini.

Sandwich Toaster

Jika Anda menginginkan sebuah roti panggang dengan lapisan isi yang ikut terpanggang sekaligus, sandwich toaster bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Walaupun dari segi ukuran tidak terlalu berbeda, namun daya listrik yang diperlukan sandwich toaster relatif lebih rendah daripada pop up toaster. Sandwich toaster juga mudah untuk dibersihkan, yaitu dengan mengelapnya menggunakan lap bersih.

Segera bersihkan alat ini begitu selesai digunakan dan mendingin. Tidak seperti pop up toaster yang segera meloloskan roti dari alat pemanggang begitu roti telah matang, sandwich toaster tetap melakukan proses memanggang meski roti telah matang. Hanya saja, pemanggang roti ini biasanya memiliki lampu indikator yang akan menunjukkan tingkat kematangan roti.

Meski Anda bisa meninggalkan roti ketika dipanggang menggunakan sandwich toaster, pastikan Anda kembali di waktu yang tepat agar roti tidak terlalu lama dipanggang setelah lampu indikator mati.

Oven Toaster

Bentuk alat pemanggang roti jenis ini menyerupai oven tapi dengan ukuran yang lebih kecil. Dari segi fungsi dan kemudahan cara pembersihan, oven toaster merupakan yang terbaik dari dua jenis alat pemanggang roti yang lain. Oven toaster dapat digunakan untuk memanggang berbagai jenis dan ukuran roti.

Dengan alat ini, Anda dapat memanggang roti beralas loyang. Dengan demikian,  remah-remah roti tidak mengotori bagian dalam alat pemanggang roti. Hanya saja, dibandingkan dengan dua jenis alat pemanggang roti lainnya, oven toaster memiliki ukuran yang paling besar.

Tips Memilih Pemanggang Roti (Toaster)

Saat ini, Anda mungkin sudah tidak sabar untuk segera membeli alat pemanggang roti impian Anda. Tunggu dulu, sempatkanlah untuk membaca tips memilih alat pemanggang roti berikut ini. Siapa tahu, petunjuk berikut ini dapat memandu Anda untuk memilih alat yang terbaik.

Ukuran Toaster

Rencanakanlah di mana Anda akan meletakkan atau menyimpan alat tersebut. Ruang yang tersedia akan menggiring Anda kepada jenis alat pemanggang yang tepat. Ukur dan pertimbangkanlah dengan baik. Yakinkan agar alat pemanggang roti yang Anda beli akan memperoleh tempatnya dengan layak.

2 Slot Atau 4 Slot

Jika Anda memutuskan untuk membeli alat pemanggang roti dengan jenis pop up toaster, Anda dapat memilih alat pemanggang dengan dua atau empat slot. Slot-slot tersebut masing-masing dapat digunakan untuk memanggang selembar roti tawar. Jika keluarga Anda terdiri atas banyak kepala dan sering mengonsumsi roti panggang dalam menu sehari-hari, membeli alat pemanggang roti dengan empat slot tentu akan lebih efektif.

Walaupun demikian, pilihlah alat pemanggang yang memiliki tuas pengatur manual di sisi kiri atau kanannya. Tuas manual ini berguna untuk mengatur slot mana saja yang diaktifkan untuk memanggang roti. Dengan begitu, ketika Anda ingin memanggang roti pada dua slot saja, Anda dapat menonaktifkan dua slot berikutnya. Anda pun tidak membuang daya listrik dengan sia-sia.

Lebar Slot

Pada umumnya, lebar slot pada pop up toaster memiliki ukuran yang tetap. Walaupun demikian, terdapat pula alat pemanggang roti model ini yang memiliki fitur pengaturan lebar slot. Dengan fitur ini, Anda dapat mengatur lebar slot sesuai dengan tebal roti yang hendak Anda panggang.

Jadi, Anda tidak perlu risau lagi memikirkan tebal roti yang paling sesuai dengan alat pemanggang yang ada. Roti panggang Anda pun tidak lagi hanya terbuat dari roti tawar biasa saja. Memanggang baguette di pop up toaster? Hal itu kini bukan lagi sesuatu yang mustahil.

Jadi, wahai para pecinta roti panggang, alat pemanggang roti (toaster) mana yang paling Anda sukai? Bagikanlah pengalaman Anda dalam menggunakan alat pemanggang roti  tersebut. Terlepas dari itu, apa pun jenis toaster yang Anda sukai, roti panggang tetaplah lezat untuk dinikmati dan juga menimbulkan kesan hangat yang nyaman.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2022 KLEO Template a premium and multipurpose theme from Seventh Queen

Log in with your credentials

Forgot your details?