Barback (Asisten Bartender): Apa itu Barback (Asisten Bartender), Skill, Gaji, Karir dan Peluang Kerja

All About Barback (Asisten Bartender)

Barback, atau disebut juga sebagai asisten bartender, adalah seorang individu yang bekerja di industri perhotelan atau restoran untuk membantu bartender dalam menjalankan tugas-tugas sehari-hari di bar. Tugas-tugas tersebut meliputi menyiapkan dan mengatur perlengkapan bar, seperti botol minuman keras, gelas, dan peralatan lainnya.

Sebagai seorang barback, tanggung jawab kamu mencakup mengisi ulang persediaan minuman, menyediakan es, mencuci gelas, dan membersihkan area bar. Selain itu, kamu juga akan membantu dalam melayani tamu dengan mengambil pesanan minuman dan membantu bartender dalam membuat minuman.

Untuk menjadi seorang barback, biasanya tidak memerlukan pengalaman atau kualifikasi formal yang tinggi. Namun, kemampuan multitasking, keterampilan komunikasi yang baik, dan kemampuan fisik yang baik sangat diperlukan dalam pekerjaan ini.

Barback merupakan posisi yang baik untuk memulai karir di industri perhotelan atau restoran, terutama jika kamu berminat untuk bekerja sebagai bartender di masa depan. Dengan menjadi seorang barback, kamu akan mendapatkan pengetahuan dasar tentang operasional bar dan membangun keterampilan yang diperlukan dalam pekerjaan bartender.

Barback (Asisten Bartender)

– Barback (Asisten Bartender) –

Tugas Barback (Asisten Bartender)

Apa tugas Barback (Asisten Bartender)?

Seorang Barback, atau Asisten Bartender, memiliki beberapa tugas yang harus mereka lakukan dalam pekerjaan mereka. Berikut adalah beberapa tugas yang biasanya dilakukan seorang Barback:

  1. Mencuci kaca dan peralatan: Barback bertanggung jawab untuk mencuci kaca, gelas, dan peralatan bar lainnya yang telah digunakan. Hal ini penting untuk menjaga kebersihan dan kehigienisan area bar.
  2. Merapikan dan mengatur stok: Barback harus merapikan dan mengatur persediaan minuman, seperti botol alkohol, soda, dan peminum lainnya. Mereka juga dapat bertanggung jawab untuk mengisi ulang stok minuman ketika diperlukan.
  3. Membantu Bartender dalam menyajikan minuman: Barback dapat membantu Bartender dalam menyajikan minuman kepada pelanggan. Mereka dapat membantu dengan mencampur minuman, memberikan es, atau menghias minuman dengan garnish.
  4. Menjaga kebersihan area bar: Barback bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan area bar, termasuk membersihkan meja, mengatur ulang kursi, dan menghapus tumpahan minuman atau sampah.
  5. Membantu dengan tugas-tugas lainnya: Barback juga dapat membantu dengan tugas-tugas lainnya yang diassign oleh Bartender atau manajemen, seperti mempersiapkan bahan-bahan untuk acara khusus atau membersihkan area lain di sekitar bar.

Tugas seorang Barback memainkan peran penting dalam menjaga kelancaran dan kesuksesan operasional bar. Mereka bekerja sama dengan Bartender untuk memastikan bahwa pelanggan disajikan minuman dengan cepat dan efisien, serta menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi mereka.

Teknologi yang Digunakan

Tools dan teknologi apa yang digunakan oleh Barback (Asisten Bartender)?

Sebagai Barback (Asisten Bartender), ada beberapa teknologi yang dapat digunakan untuk mendukung pekerjaan mereka. Berikut ini adalah beberapa contoh:

  1. Kasir elektronik: Barback dapat menggunakan sistem kasir elektronik untuk membantu mengelola transaksi dan pembayaran pelanggan dengan lebih efisien.
  2. Sistem POS (Point of Sale): Sistem POS digunakan untuk mengelola pesanan, inventaris, dan pelaporan. Barback dapat menggunakan sistem ini untuk membantu memproses pesanan dan memantau stok minuman yang tersedia.
  3. Peralatan pemrosesan minuman: Barback dapat menggunakan blender, mesin es krim, atau alat pemrosesan minuman lainnya untuk membuat minuman yang kompleks dan unik. Peralatan ini biasanya dilengkapi dengan teknologi canggih untuk memastikan hasil yang konsisten.
  4. Sistem keamanan: Beberapa tempat hiburan memiliki sistem keamanan yang canggih, termasuk penggunaan kamera CCTV dan kartu akses. Barback dapat menggunakan teknologi ini untuk memantau keamanan tempat kerja dan memastikan bahwa ada langkah-langkah keamanan yang memadai.

Ini hanya beberapa contoh teknologi yang bisa digunakan oleh Barback (Asisten Bartender) untuk menunjang pekerjaan mereka. Selain itu, mereka juga dapat menggunakan aplikasi atau perangkat lunak khusus untuk mengatur jadwal kerja, mengelola inventaris, atau bahkan untuk mendapatkan resep minuman yang inovatif.

Gaji

Berapa gaji Barback (Asisten Bartender)?

Gaji seorang Barback atau Asisten Bartender dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti lokasi geografis, ukuran tempat kerja, pengalaman, dan kualifikasi individu. Namun, secara umum, gaji seorang Barback biasanya berada dalam kisaran yang lebih rendah daripada seorang Bartender.

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi gaji seorang Barback:

  1. Lokasi geografis: Gaji dapat berbeda berdasarkan lokasi tempat kerja. Di daerah dengan biaya hidup yang lebih tinggi, seperti kota besar, gaji mungkin lebih tinggi.
  2. Ukuran tempat kerja: Barback mungkin bekerja di bar kecil yang memiliki staf terbatas atau di bar besar dengan banyak staf. Gaji mereka bisa bervariasi tergantung pada jumlah karyawan dan sumber daya yang tersedia.
  3. Pengalaman: Pengalaman sebelumnya di industri perhotelan atau restoran dapat mempengaruhi gaji seorang Barback. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki, semakin besar kemungkinan mendapatkan gaji yang lebih tinggi.
  4. Kualifikasi individu: Kualifikasi seperti pelatihan formal atau sertifikasi dalam bidang perhotelan atau layanan minuman dapat memberikan keuntungan dalam negosiasi gaji.

Meskipun informasi spesifik tentang gaji seorang Barback bisa bervariasi, secara umum gaji awal seorang Barback biasanya berkisar antara Rp 2.000.000 – Rp 3.500.000 per bulan di Indonesia. Namun, ini hanya perkiraan dan dapat berubah tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya.

Skill dan Kemampuan

Skill/kemampuan apa yang harus dimiliki oleh Barback (Asisten Bartender)?

Berikut adalah beberapa kemampuan (skill) yang harus dimiliki oleh seorang Barback (Asisten Bartender):

  1. Pengetahuan tentang minuman dan peralatan bar: Seorang Barback harus memiliki pengetahuan yang baik tentang berbagai jenis minuman dan peralatan yang digunakan di dalam bar. Mereka harus tahu bagaimana cara membuat minuman yang berbeda dan juga mengenal peralatan yang digunakan misalnya blender, shaker, dll.
  2. Kemampuan multitasking: Seorang Barback harus mampu melakukan beberapa tugas sekaligus dengan efisien. Mereka harus dapat mengatur dan menyediakan bahan-bahan minuman, membersihkan tempat kerja, mengisi ulang stok, dan melayani tamu di bar.
  3. Kemampuan fisik: Seorang Barback harus memiliki kekuatan fisik yang cukup untuk mengangkat dan memindahkan barang-barang berat seperti botol minuman, kotak-kotak minuman, dan peralatan bar yang lainnya. Mereka juga harus mampu berdiri dalam waktu yang lama dan bekerja di lingkungan yang ramai dan berisik.
  4. Keterampilan komunikasi: Seorang Barback harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk dapat bekerja dengan baik dalam tim bar. Mereka harus dapat berkomunikasi dengan Bartender dan server lainnya dengan jelas dalam mengkoordinasikan tugas-tugas sehari-hari di bar.
  5. Kemampuan pemecahan masalah: Seorang Barback harus dapat mengatasi masalah yang mungkin timbul di bar dengan cepat dan efisien. Mereka harus dapat mengambil keputusan yang cepat dalam situasi yang serba cepat di bar.

Kemampuan-kemampuan ini sangat penting bagi seorang Barback (Asisten Bartender) karena mereka merupakan bagian penting dari tim bar yang bertanggung jawab untuk mendukung Bartender dalam menjalankan tugas mereka dengan baik dan memberikan pelayanan yang berkualitas kepada tamu-tamu bar.

Pengetahuan dan Soft Skill

Pengetahuan/knowledge apa yang harus dimiliki oleh Barback (Asisten Bartender)?

Seorang Barback (Asisten Bartender) harus memiliki pengetahuan berikut:

  1. Tata cara pengoperasian bar: Seorang Barback harus memahami tata cara pengoperasian bar, termasuk pemeliharaan peralatan dan persediaan minuman, serta prosedur kebersihan dan keamanan yang berlaku di bar.
  2. Pengetahuan tentang minuman: Seorang Barback harus memiliki pengetahuan dasar tentang berbagai jenis minuman seperti bir, wine, minuman beralkohol campuran, dan minuman non-alkohol. Mereka harus mampu mengenali dan memahami karakteristik dan penanganan yang tepat untuk setiap jenis minuman.
  3. Pemahaman tentang tools dan peralatan bar: Seorang Barback harus familiar dengan berbagai tools dan peralatan yang digunakan di bar, seperti shaker, jigger, strainer, dan lain-lain. Mereka harus tahu cara menggunakan dan merawat peralatan ini dengan baik.
  4. Keterampilan mengatur persediaan dan stok: Seorang Barback harus memiliki pemahaman tentang pengaturan persediaan dan mengelola stok barang. Mereka harus mampu memperkirakan kebutuhan persediaan minuman berdasarkan permintaan pelanggan, serta mengelola persediaan agar tetap terjaga dengan baik.
  5. Kerja sama tim: Seorang Barback harus memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan tim bartending dan anggota lainnya di bar. Mereka harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan dapat bekerja secara efektif dalam lingkungan kerja yang sibuk.
  6. Keterampilan multitasking: Seorang Barback harus mampu melaksanakan tugas-tugas yang berbeda dengan efisien dan dalam waktu yang bersamaan. Mereka harus mampu mengatur waktu dan mengatur prioritas tugas dengan baik.
  7. Pemahaman tentang kepatuhan hukum dan regulasi: Seorang Barback harus memahami peraturan dan regulasi yang berkaitan dengan penjualan dan penyajian minuman beralkohol. Mereka harus memiliki pengetahuan tentang batasan usia konsumen, prosedur identifikasi usia, dan aturan yang berlaku untuk layanan minuman.

Pendidikan dan Pelatihan

Apa pendidikan dan/atau pelatihan untuk menjadi seorang Barback (Asisten Bartender)?

Seorang Barback atau Asisten Bartender sebaiknya memiliki pendidikan dan/atau pelatihan sebagai berikut:

  1. Pelatihan sebagai Bartender: Sebagai asisten bartender, penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang tugas dan tanggung jawab seorang bartender. Dalam pelatihan ini, kamu akan diajarkan tentang teknik-teknik dasar dalam pembuatan minuman, mengenai jenis-jenis minuman, alat-alat yang digunakan, serta cara mengatur dan mengelola bar secara efisien.
  2. Pendidikan tentang Kesehatan dan Keselamatan: Sebagai seorang barback, kamu akan sering berinteraksi dengan bahan-bahan kimia dan minuman beralkohol. Oleh karena itu, penting untuk memiliki pengetahuan yang baik tentang kesehatan dan keselamatan dalam penggunaan dan penanganan bahan-bahan tersebut. Pendidikan mengenai kesehatan dan keselamatan di tempat kerja akan membantu kamu dalam mengidentifikasi risiko dan tindakan pencegahan yang perlu diambil.
  3. Keterampilan Komunikasi: Sebagai seorang asisten bartender, kamu akan berinteraksi dengan pelanggan dan anggota tim yang lain. Oleh karena itu, penting untuk memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Kamu perlu dapat mengkomunikasikan pesanan pelanggan dengan jelas kepada bartender, mengkoordinasikan pekerjaan dengan baik dengan anggota tim lain, serta memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.
  4. Pelatihan dalam Mengatur Persediaan: Sebagai asisten bartender, kamu akan bertanggung jawab dalam mengatur persediaan minuman dan bahan-bahan lain yang diperlukan di bar. Pelatihan dalam mengatur persediaan akan mengajarkanmu tentang cara mengelola stok, melakukan inventarisasi, dan mengatur persediaan secara efisien.
  5. Pelatihan dalam Pelayanan Pelanggan: Seiring dengan tugas-tugasnya di bar, seorang asisten bartender juga akan berinteraksi dengan pelanggan. Pelatihan dalam pelayanan pelanggan akan membantu kamu untuk memberikan pelayanan yang ramah, sopan, dan profesional kepada pelanggan. Kamu akan diajarkan tentang bagaimana menghadapi pelanggan yang sulit, menangani keluhan, dan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan di bar.

Dengan memiliki pendidikan dan/atau pelatihan dalam hal-hal tersebut, seorang Barback atau Asisten Bartender akan menjadi lebih bertanggung jawab, efisien, dan mampu memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.

Minat dan Bakat

Seseorang dengan minat apa yang cocok menjadi Barback (Asisten Bartender)?

Pekerja dengan minat seperti apa yang cocok bekerja sebagai Barback (Asisten Bartender)?

Pada dasarnya, pekerjaan sebagai Barback atau Asisten Bartender memerlukan beberapa karakteristik khusus untuk berhasil dalam peran tersebut. Berikut adalah beberapa minat yang cocok dengan posisi tersebut:

  1. Minat dalam industri perhotelan dan perhotelan: Seorang Barback bekerja di industri perhotelan yang melibatkan layanan makanan dan minuman. Oleh karena itu, memiliki minat yang kuat dalam industri ini akan membantu pekerja beradaptasi dengan atmosfer kerja, proses operasional, dan standar pelayanan yang diperlukan.
  2. Minat dalam minuman dan mixologi: Sebagai Asisten Bartender, seorang Barback akan terlibat dalam persiapan dan penyajian minuman. Oleh karena itu, memiliki minat yang kuat dalam minuman, mixologi, dan menguasai teknik-teknik dasar dalam pembuatan minuman akan menjadi keuntungan tambahan.
  3. Minat dalam kerja tim: Seorang Barback bekerja sebagai bagian dari tim bar yang mencakup Bartender utama dan anggota lainnya. Dalam situasi ini, memiliki minat dalam bekerja secara efektif dalam tim, berkolaborasi, dan berkomunikasi dengan baik akan sangat penting.
  4. Minat dalam kerapian dan kebersihan: Bagian dari tugas seorang Barback melibatkan menjaga kebersihan area bar, merapikan persediaan, mencuci peralatan, dan membersihkan meja dan kursi. Oleh karena itu, memiliki minat dalam kerapian dan kebersihan akan membantu dalam menjalankan tugas-tugas ini dengan baik.
  5. Minat dalam melayani orang lain: Seorang Barback bekerja di industri pelayanan dan memiliki banyak interaksi dengan tamu. Oleh karena itu, memiliki minat dalam melayani orang lain, memiliki sikap ramah, sabar, dan kemampuan komunikasi yang baik akan menjadi keuntungan dalam role ini.
  6. Minat dalam belajar dan berkembang: Barback adalah posisi pemula dalam bar, dan dapat dijadikan sebagai jalan masuk untuk menjadi seorang Bartender profesional di masa depan. Oleh karena itu, memiliki minat dalam belajar dan berkembang, serta motivasi untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan seiring waktu akan membantu pekerja tumbuh dan maju dalam karir mereka.

Penting untuk diingat bahwa minat bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan kesuksesan dalam pekerjaan sebagai Barback. Kemampuan praktis, fisik, dan keterampilan interpersonal juga penting. Namun, memiliki minat yang sesuai dengan karakteristik pekerjaan ini dapat menjadi landasan yang kuat untuk memulai karir di industri perhotelan dan perhotelan sebagai Asisten Bartender.

Karir dan Peluang Kerja

Bagaimana karir dan peluang kerja sebagai Barback (Asisten Bartender)?

Sebagai seorang Barback (Asisten Bartender), Anda akan memiliki berbagai peluang karir dan peluang kerja yang menarik dalam industri perhotelan dan hiburan. Peran Anda sebagai Barback adalah untuk memberikan dukungan kepada Bartender dalam menjalankan operasi bar secara efisien.

Berikut adalah beberapa peluang karir dan peluang kerja yang mungkin Anda temui sebagai Barback:

  1. Kesempatan Menjadi Bartender: Bekerja sebagai Barback adalah langkah awal yang baik untuk menjadi seorang Bartender. Anda akan memiliki kesempatan untuk belajar dan menguasai keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam membuat minuman dan melayani pelanggan.
  2. Peningkatan Keterampilan: Sebagai Barback, Anda akan terlibat dalam berbagai tugas yang menantang dan bervariasi, seperti mengisi stok minuman, membersihkan peralatan, dan menjaga kebersihan bar. Hal ini akan membantu Anda mengasah keterampilan multitasking, keterampilan organisasi, dan perhatian terhadap detail.
  3. Promosi dalam Tim Bar: Dalam tim bar, Barback biasanya merupakan posisi entry-level. Namun, dengan kerja keras dan dedikasi, Anda memiliki peluang untuk naik ke level berikutnya, seperti menjadi Leading Barback atau Bar Supervisor. Dalam posisi ini, Anda akan menjadi pemimpin tim Barback dan bertanggung jawab atas mengatur jadwal kerja, mengamankan persediaan, dan mengawasi operasi bar.
  4. Karir di Industri Event: Tidak hanya bekerja di bar tetap, sebagai Barback Anda juga akan memiliki kesempatan untuk bekerja dalam sektor industri event. Anda dapat bekerja di acara-acara besar seperti pernikahan, konser, atau festival. Hal ini dapat membuka pintu bagi Anda untuk bertemu dengan orang-orang baru dan memperluas jaringan profesional Anda.
  5. Kolaborasi dengan Bartender Terkenal: Seiring berjalannya waktu, Anda mungkin akan bekerja dengan Bartender yang terkenal dan berpengalaman. Ini adalah kesempatan yang sangat berharga untuk mempelajari teknik dan pengetahuan yang lebih mendalam tentang dunia mixology dari para ahli.
  6. Karir Internasional: Industri perhotelan dan hiburan adalah industri internasional yang dinamis. Sebagai Barback yang berpengalaman, Anda memiliki peluang untuk bekerja di bar dan restoran di berbagai negara di seluruh dunia. Ini adalah kesempatan unik untuk memperluas pandangan Anda tentang dunia, belajar budaya baru, dan menjadi bagian dari komunitas internasional.

Mengingat karakteristik yang dinamis dan kompetitif dari pekerjaan ini, penting bagi seorang Barback untuk tetap belajar dan berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam pekerjaan mereka. Dengan pengalaman, keterampilan, dan dedikasi yang tepat, Anda dapat membangun karir yang sukses dan memenuhi potensi Anda sebagai seorang Barback.

©2024 PilihMana.Com

Log in with your credentials

Forgot your details?